Assalamualaikum
wr. wb.
Kali ini
saya mau membagikan informasi tentang menu –menu dasar pada game maker .
Buat yang
sudah tau ya.. mungkin ini kurang berguna.
Tapi buat
yang belum tau mungkin saja berguna, ok langsung saja ke materi
1. Sprite
Jika kita ingin membuat game , tentu kita memerlukan
gambar-gambar/animasi-animasi yang menunjukan objek ,baik itu karakter ,benda
,musuh maupun NPC.
Inilah
fungsi sprite yaitu sebagai sampul dari objek atau lebih tepatnya gambar yang
mewakili objek tersebut.
Menu srite
ini berfungsi untuk menyediakan gambar-gambar yang akan digunakan sebagai objek
dalam game.
2. Sound
Mungkin tidak perlu dijelaskan lagi
apa fungsi menu sound ini,dari namanya saja suda jelas bahwa ini berfungsi
untuk memberikan efek suara pada game (BGM).
Tanpa suara
mungkin game akan terasa membosankan bukan ??
Menu sound
ini berfungsi untuk menyimpan/menyediakan suara-suara yang akan digunakan dalam
game nanti.
3.background
Yang ini juga mungkin tidak perlu
dijelaskan karna dari namanya sudah jelas yaitu berfungsi untuk
menyediakan/menyimpan gambar-gambar background untuk game.
Dengan kata
lain menu ini berfungsi sebagai latar belakang pada game.
4.Path
Path berfungsi sebagai
jalur sebuah objek.
Misalkan kita ingin membuat objek bergerak membentuk suatu pola maka menu
path ini yang menyediakan pola gerakan objek tersebut.
Singkatnya path adalah jalur gerak suatu objek.
5.Script
Menu ini berfungsi
sebagai menu yang menyediakan/menyimpan script yang akan digunakan/dijalankan
dalam objek.
sedangkan script sendiri berfungsi sebagai tulisan untuk menjalankan suatu
perintah.
6.Font
Fungsi dari menu Font
ini adalah untuk menyimpan/menyediakan jenis-jenis penulisan/teks yang akan
digunakan dalam game.
Fungsi ini mengatur ukuran dan jenis teks yang akan digunakan nantinya.
7.Timeline
Menu Timeline ini
berfungsi sebagai langkah-langkah objek yang ditentukan dengan waktu.
Misalkan ,kita ingin saat objek bergerak kedepan pada detik ketiga karakter
loncat dan pada detik ke enam karakter menunduk. Maka menu ini yang menyediakan
langkah-langkahnya
Singkatnya ya.., hampir sama lah fungsinya dengan timeline pada aplikasi
pembuat animasi..
8.object
Menu ini bisa dibilang
adalah menu paling penting..
Bagaimana tidak ? tanpa objek tidak ada yang bisa di mainkan dalam game.
Objek adalah elemen yang berfungsi sebagai karakter dan benda dalam game.
Misalkan kita punya gambar yang akan digunakan sebagai karakter , maka
objek-lah yang menjadikan gambar/sprite tersebut menjadi sebuah karakter baik
tokoh utama, mush, benda maupun NPC.
9.Room
Anggap kita sudah membuat karakter,gerakan,background dan lainya.., lalu
akan disimpan dimana benda-benda, karakter, background ,dan yang lainya ??
Maka saat itulah menu room digunakan, yaitu sebagai wadah yang menampung
komponen-komponen game tersebut.
Tanpa room game tersebut tidak akan bisa dijalankan.
Sekian penjelasan sangat singkat dari saya tentang menu-menu dasar game
maker..
Untuk lebih detailnya mungkin bisa ditanyakan langsung di kotak komentar
atau mungkin bisa langsung di pelajari sendirai saat menggunakannya.
Mohon ma’af jika ada yang salah, maklum lah semua penjelasan tersebut
adalah pendapat saya pribadi.
Jadi tidak 100% benar.
Hehe..
Sekian dan terima kasih
Wassalamualaikum wr. wb.
No comments:
Post a Comment