Monday, July 29, 2013

MENU-MENU DASAR PADA GAME MAKER




                       
Assalamualaikum wr. wb.
Kali ini saya mau membagikan informasi tentang menu –menu dasar pada game maker .
Buat yang sudah tau ya.. mungkin ini kurang berguna.
Tapi buat yang belum tau mungkin saja berguna, ok langsung saja ke materi

1. Sprite

Jika kita ingin membuat game , tentu kita memerlukan gambar-gambar/animasi-animasi yang menunjukan objek ,baik itu karakter ,benda ,musuh maupun NPC.
Inilah fungsi sprite yaitu sebagai sampul dari objek atau lebih tepatnya gambar yang mewakili objek tersebut.
Menu srite ini berfungsi untuk menyediakan gambar-gambar yang akan digunakan sebagai objek dalam game.





2. Sound
            Mungkin tidak perlu dijelaskan lagi apa fungsi menu sound ini,dari namanya saja suda jelas bahwa ini berfungsi untuk memberikan efek suara pada game (BGM).
Tanpa suara mungkin game akan terasa membosankan bukan ??
Menu sound ini berfungsi untuk menyimpan/menyediakan suara-suara yang akan digunakan dalam game nanti.

3.background

       
     Yang ini juga mungkin tidak perlu dijelaskan karna dari namanya sudah jelas yaitu berfungsi untuk menyediakan/menyimpan gambar-gambar background untuk game.
Dengan kata lain menu ini berfungsi sebagai latar belakang pada game.

4.Path
 
  

             Path berfungsi sebagai jalur sebuah objek.
Misalkan kita ingin membuat objek bergerak membentuk suatu pola maka menu path ini yang menyediakan pola gerakan objek tersebut.
Singkatnya path adalah jalur gerak suatu objek.

5.Script
    
               Menu ini berfungsi sebagai menu yang menyediakan/menyimpan script yang akan digunakan/dijalankan dalam objek.
sedangkan script sendiri berfungsi sebagai tulisan untuk menjalankan suatu perintah.



6.Font
 
               Fungsi dari menu Font ini adalah untuk menyimpan/menyediakan jenis-jenis penulisan/teks yang akan digunakan dalam game.
Fungsi ini mengatur ukuran dan jenis teks yang akan digunakan nantinya.

7.Timeline
 


         
      Menu Timeline ini berfungsi sebagai langkah-langkah objek yang ditentukan dengan waktu.
Misalkan ,kita ingin saat objek bergerak kedepan pada detik ketiga karakter loncat dan pada detik ke enam karakter menunduk. Maka menu ini yang menyediakan langkah-langkahnya
Singkatnya ya.., hampir sama lah fungsinya dengan timeline pada aplikasi pembuat animasi..

8.object
               Menu ini bisa dibilang adalah menu paling penting..
Bagaimana tidak ? tanpa objek tidak ada yang bisa di mainkan dalam game.
Objek adalah elemen yang berfungsi sebagai karakter dan benda dalam game.
Misalkan kita punya gambar yang akan digunakan sebagai karakter , maka objek-lah yang menjadikan gambar/sprite tersebut menjadi sebuah karakter baik tokoh utama, mush, benda maupun NPC.

9.Room



Anggap kita sudah membuat karakter,gerakan,background dan lainya.., lalu akan disimpan dimana benda-benda, karakter, background ,dan yang lainya ??
Maka saat itulah menu room digunakan, yaitu sebagai wadah yang menampung komponen-komponen game tersebut.
Tanpa room game tersebut tidak akan bisa dijalankan.

Sekian penjelasan sangat singkat dari saya tentang menu-menu dasar game maker..
Untuk lebih detailnya mungkin bisa ditanyakan langsung di kotak komentar atau mungkin bisa langsung di pelajari sendirai saat menggunakannya.

Mohon ma’af jika ada yang salah, maklum lah semua penjelasan tersebut adalah pendapat saya pribadi.
Jadi tidak 100% benar.
Hehe..
Sekian dan terima kasih
Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Copyrighted.com Registered & Protected  2UCR-PKQ8-7BOH-AGFD